Perhatikan Langkah Merawat Rantai Motor

Cuek dan mengabaikan perawatan setiap bagian pada tunggangan sehari-hari, bukan hal yang tepat. Pasalnya semuanya komponen sepeda motor punya peran penting, seperti salah satunya rantai.

Namun, berbicara perawatan, juga tidak sembarangan dilakukan. Jika nekat dan tanpa rekomendasi yang benar, justru akan memperparah kondisinya, bukan malah membuatnya semakin awet. Agar tidak tersesat mari simak masukan dari Sriyono, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM).

Pertama, jangan pernah melumasi rantai dengan oli bekas. “Karena kita tidak pernah tahu ada partikel apa yang terkandung di dalam oli bekas tersebut. Bisa saja ada serbuk-serbuk bekas yang berasal dari dalam mesin, yang bisa semakin merusak rantai juga komponen yang berhubungan dengan rantai,” ujar Sriyono kepada KompasOtomotif, Jumat (18/11/2016).

Kedua, jika ingin melumasi rantai, pergunakan oli baru dengan tingkat kekentalan atau SAE 80-90.

Ketiga, bersihkan ratai terlebih dahulu sebelum melakukan pelumasan. “Janga lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu. Cukup gunakan detergen untuk menghilangkan kotoran. Jika langsung dilumasi tanpa dibersikan, maka kotoran akan semakin menempel dan merusak rantai,” ujar Sriyono.

Keempat, lakukan pembersihan dan perawatan rantai tersebut secara berkala. “Terkait dengan waktunya, disesuaikan dengan wilayah dan musim. Jika daerahnya berdebu mungkin akan lebih sering dari dibanding dengan yang tidak,” ucap Sriyono.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s