Calya dan Sigra Ambil Alih Segmen “Mobil Murah”

Model MPV 7-penumpang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah mengambil alih pasar low cost green car (LCGC). Dari pantauan data wholesales Gaikindo, pada Oktober, Calya terlaris dengan angka 9.286 unit lantas diikuti Sigra di posisi kedua 6.309 unit.

Posisi seperti ini sebenarnya sudah terjadi pada September, namun ditegaskan kembali pada Oktober. Prestasi keduanya menakjubkan mengingat rekaman penjualannya baru terekam pada Juli.

Secara keseluruhan, selama empat bulan dijual Calya sudah laku 29.650 unit dan Sigra 19.778 unit. Dalam dua bulan terakhir sebelum tutup tahun, Calya dan Sigra bisa saja melewati saudara sendiri, Toyota Agya (38.933 unit) dan Daihatsu Ayla (34.774 unit).

Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah mengakui sebelumnya, Calya dan Sigra menggerus Agya dan Ayla. Memang demikian, sejak model 7-penumpang dijual, model 5-penumpang turun sekitar 40 – 50 persen.

Satu-satunya model LCGC yang masih memberikan perlawanan sengit yaitu Honda Brio Satya, pada Oktober menduduki peringkat tiga dengan 4.603 unit. Sepanjang tahun ini Brio Satya terjual 29.240 unit namun catatannya sempat terhenti pada April karena peralihan ke desain baru.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s